Pengalaman Prakerin ku ( PKL )

Pengalaman PKL/PRAKERIN ku( Praktek Kerja Industri)

Bertemu lagi dengan saya AbiedFebrian’z, Kali ini saya tidak mempostingkan hal2 aneh. Akan tetapi saya akan berbagi dan bercerita tentang pengalaman PKL/PRAKERIN. Simak ya pengalamanku.
Abied Febrianz - PRAKERIN
Dalam Pendidikan di indonesia terdapat 2 pilihan sekolah regular. Dengan berbasis ilmu pengetahuan saja (SMA) dan ada juga yang berbasis ilmu serta pengalaman pekerjaan (SMK). Sangat disarankan memilih SMK. Kenapa? Karena sangat jelas keriteria dari SMK yaitu mengembangkan potensial diri dan berlatih untuk siap bekerja walaupun tidak menutup kemungkinan pula setelah lulus ingin melanjutkan kuliah. Untuk itu pilihlah sekolah yang akan mengembangkan potensi diri kita seperti SMK ini. Saya bersekolah di SMK KARYA GUNA BHAKTI 2 KOTA BEKASI. Banyak pengalaman menarik tiap harinya. Dari mulai suasana belajar, guru, fasilitas dan warga sekolah tentunya. banyak motivasi yang kita miliki jika kita telah lulus dari smk. Dari pengalaman, banyak lulusan SMK tidak bingung dan tidak kaget jika memasuki dunia kerja karena pengalaman PKL yang dilakukanya di SMK dahulu. Anda pasti tahu tentunya PKL. PKL/PRAKERIN adalah program melatih pengalaman siswa SMK untuk memasuki dunia kerja. Biasanya dilakukan selama 3 bulan diperusahaan dan siswa dipekerjakan seperti khlayak karyawan di perusahaan itu. Seperti kebanyakan orang, saya juga akan menceritakan pengalaman semasa PKL dan berbagi Tips untuk anda.
Bermanfaat sekali pemerintah menerapkan di kalangan Siswa SMK dengan program PKL (Praktek Kerja Industri). Yang dilakukan 3 bulan lamanya untuk melatih diri memasuki dunia kerja. Di sekolah saya dengan jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) dan kebetulan saya memang mahir mengoprasikan komputer dari mulai hardware, software dan jaringan komputer. Jadi memang di khususkan pelatihan tersebut untuk bekerja di office dan bukan sebagai di bagian produksi. Semoga saya mendapatkan pekerjaan yang baik ya.. hehehe J


Untuk mempersiapkan memasuki dunia kerja tentunya yang harus di persiapkan adalah Mental yang kuat, Fisik yang kuat, serta harus berani bertindak jujur dan mahir dibidang yang digelutinya. Sama seperti PKL/PRAKERIN. Seperti itulah yang harus dipersiapkan. J kebetulan saya PKL/PRAKERIN di sebuah perusahaan Retail yang 
Abied Febrianz - PRAKERIN 1
menggeluti dunia shoping/perbelanjaan. Yaitu PT. LOTTEMART SHOPING INDONESIA. Saya di bagian Infomation Service Product (ISP) yang dipimpin oleh bapak Mamat Taufik. Disana saya melakukan pekerjaan dari mulai memasang banner, mencetak daftar harga, mengupdate daftar harga, reparasi peralatan yang berkaitan dengan Informasi seperti harga produk dan sejenisnya, dan terkadang saya santai kerjanya.. hehehe J saya mendapatkan uang tips sebesar Rp. 310.000,00,- tiap bulanya. Disana mendapatkan makan gratis 1x dalam seharinya. Dan bebas mau minum apa saja disana. Dengan fasilitas yang sangat mencukupi disana dari mulai Kamar mandi dan lahan parkir yang luas serta terjaga kebersihanya dan keamananya sehingga setelah selesai PKL terkadang saya ingin kembali dalam keadaan itu. Karyawan2nya ramah tamah dan terdapat anak PKL juga yang berbeda sekolah disana. Terkadang dapat menambah wawasan tentang peralatan dalam dunia kerja. Dari hal peralatan keselamatan dan baju seragam yang dipakai di area kerja. Sangat menambah wawasan, karena saya juga belum mengetahui peralatan dan kegunaanya dan saya telah mengetahuinya setelah memang umum digunakan ditempat kerja. Terkadang saya bingung dengan tingkah karyawan dengan divisi  SPG/SPM (Sales Promotion Girl/Male). Disaat ada konsumen SPG/SPM tersebut dengan sangat ramah menghadapi konsumen, akan tetapi setelah konsumen tidak bersamanya SPG/SPM tersebut malah memunculkan kebiasaan buruknya. Dengan berbicara “nape bro? Ape bro?” Bahasa gaul mungkin, didepan saya dia seperti itu berbicaranya wkwkwkw  maklum orang Bekasi karyawanya , Bekasi gittu lhooooooooooooooooooooo!!!hehehehehehehe
Pengalaman menarik pula saya rasakan dalam menghadapi konsumen, diberi perintah, dan menjaga etika baik disana. Dengan sang pemimpin ISP Bapak Mamat Taufik, saya diajarkan berbagai macam hal yang dibutuhkan dalam menghadapi konsumen dan etika baik dalam dan saat bekerja. Yang 

dahulu saya tidak tahu sekarang menjadi tahu serta memiliki pengalaman langsung. Hehehe


3 bulan lamanya saya PKL, akan tetapi sunguh tidak terasa waktu tersebut. 3 bulan bagaikan 1 bulan saja berada disana. Karena nyaman mungkin tidak terasa kali ya? :0 Oiya, pengalaman paling mengesankan ketika saya sedang di chek body, kebetulan saya sedang merapihkan bekas sensor chip baju. Saya tidak mengetahui jika terdapat chip tersebut di baju saya. Ketika sedang di chek body yang pada saat itu ingin ke kamar mandi terkejut dengan sensor yang berbunyi kencang. Dan ternyata chip tersebut menempel dibaju saya. Lantas saya di omelin satpam sambil tertawa menasehati. Wkwkwk 

saya prakerin angkatan 2012/2013 bulan November-Januari dengan Niko mireta kelas XI TKJ 1.
pengalaman juga yang saya miliki ketika di wawancara secara langsung oleh Staf HRD. Yaitu bapak Iwan. Tetapi pak iwan sangat ramah dan menerima dengan senyuman. Hihihiw
jadi kesimpulanya, apapun pekerjaan yang kita miliki harus bekerja secara ikhlas, jujur, semangat, dan berhati-hati. Sekian Pengalaman ku, Sedih rasanya mengingat kembali semasa PKL. U.U

Inilah pengalaman PKLku.. bagaimana PKLmu?




3 comments for "Pengalaman Prakerin ku ( PKL )"

Anonymous said…
(h)
Lottemart ya? aku juga PKL disana ka, salam kenal ya.. bloger indonesia :)
video bobo said…
saya edi blogger yogya nomor wa 08993780055 harap wa saja ,saya membutuhkan blogspot bekas anda untuk saya isi artikel tolong bantu saya mengembangkan blog yang terkena banned sudah 3 tahun rusak