ATM ERROR UANG HABIS PADA PENARIKAN TRANSAKSI UANG PADA BANK DI ATM

Bank muamalat pada ATM untuk penarikan uang ternyata error pada saat penarikan uang. Ketika melakukan transaksi penarikan uang saldo pada credit card terpotong dan uang tersebut tidak keluar pada mesin ATM. Pada waktu itu saya ingin mengambil uang di tabungan kartu kredit saya untuk melakukan pembayaran kredit cicilan barang. Saldonya pada kartu kredit tersebut memang sengaja hanya Rp. 300.000,00.- (tiga ratus ribu). Tetapi ketika melakukan penarikan uang, uang tersebut tidak keluar pada mesin ATM dan kartu kredit saya sekitar 5 menit juga tidak keluar pada mesin ATM. Saya pun panik pada saat itu, karena kartu kredit tersebut tidak keluar seperti pada umumnya. Saya pun mengkonfirmasi kepada penjaga parkir di sana. Berkatalah dia "mungkin lagi error mas, tunggu saja beberapa menit. Mungkin keluar lagi kartu kreditnya." Dan benar, sekilas beberapa menit kartu kredit saya keluar, dan struk bon nya Tertulis "Telah penarikan uang sebesar 225.000". Waduh! Hilanglah uangku.. Ketika di cek di mesin ATM lain sisa saldo sekitar Rp. 69.000,00.- (enam puluh sembilan ribu). Ternyata benar uangku lenyap begitu saja. Saya pun berfikir, apa mungkin mesin ATM tersebut telah di pasang program aplikasi Trojan yang dapat dikendalikan dari jarak jauh oleh orang yang tidak bertanggung jawab ketika kita ingin mengambil uang maka uang tersebut dialihkan ke nomor rekening lain, karena setiap mesin ATM menggunakan sistem operasi Windows. Dan rata-rata di indonesia pada mesin ATM menggunakan versi windows XP. Entah lah..

Lalu saya langsung mengabarkan ke user lain yang ingin mengambil penarikan saldo pada kartu kredit mereka bahwa mesin tersebut telah melenyapkan uang saya. Dan mereka tidak jadi mengambil saldonya karena takut terjadi kesalahan seperti yang saya alami.

Lalu keesokan harinya saya langsung menuju ke kantor Bank Muamalat (yang error tadi) untuk mengkonfirmasi bahwa uang yang akan saya tarik tersebut lenyap. Seiring pencerahan resepsionis pada pegawai kantor tersebut. Pegawai tersebut berkata : "Tunggu 14 hari kerja, nanti jika memang saldo anda error dari pihak kami, kami akan mengganti saldo yang hilang dari kartu kredit anda pada saat penarikan".

Dan pada saat ini saya sedang menunggu 14 hari ketika tulisan di blog ini terposting.

Tips agar aman melakukan penarikan uang di mesin ATM menurut pengalaman saya.

1. Cek dahulu saldo anda, ingatkan saldo terakhir pada kartu kredit anda. Dan jangan lupa print copy saldo terakhir anda pada mesin ATM (sebagai bukti jika saldo kita lenyap)

2. Cek pada bagian tempat memasukan kartu kredit anda pada mesin ATM. Jika ada penyangga/penjepit yang mencurigakan disarankan jangan memasukan kartu kredit anda. Itu akan menyedot kartu kredit anda dan tidak dapat kembali. Itu sengaja dipasang oleh oknum yang memanfaatkan untuk mengambil saldo kita pada mesin ATM tersebut.

3. Jika selesai menarik uang saldo ATM anda, jangan pernah membuang struck bon hasil penarikan uang. Ini akan dimanfaatkan oleh Carder (penjahat kartu kredit) untuk menyedot saldo anda. Karena pada struk tersebut terdapat secuil informasi kartu kredit anda.

4. Ketika melakukan pembayaran di supermarket menggunakan kartu kredit, disarankan agar tidak memperlihatkan CVV (3 digit nomor pada belakang kartu kredit anda) kepada pegawai pembayaran supermarket tersebut. Guna keamanan saldo anda.

5. Jika berbelanja Online, diwajibkan memakai antivirus internet serta memilih website yang terpercaya. Biasanya website terdapat celah untuk dapat di bobol oleh carder dan mengambil informasi rekening kartu kredit yang terdapat pada website tersebut.

6. Jangan pernah memberikan katasandi/ Pin kartu kredit anda kepada siapapun. Agar terjaminya keamanan anda.

7. Jika anda mendapatkan masalah seperti saya, disarankan langsung menelpon ke nomor kantor bank.

9. Jika tidak darurat ambilah saldo uang anda pada mesin ATM yang disediakan pihak bank masing-masing.

10. Usahakan cek secara berkala saldo anda.

Demikian postingan kali ini, ini menurut pengalaman saya sendiri.